Berita Terpopuler

WABUP PANTAU LANGSUNG KEGIATAN PETUGAS DIPERBATASAN

POHUWATO, (mediagorontalo.com) – Wakil Bupati Amin Haras melakukan peninjauan dan pemantauan langsung aktivitas di wilayah perbatasan Pohuwato.

Pemantauan tersebut diawali Amin Haras dari perbatasan Pohuwato-Boalemo yang ada di kecamatan Paguat, kemudian dilanjutkan keperbatasan Molosipat-Moutong yang ada di Popayato Barat.

Peninjauan tersebut sekaligus melihat sistim pendataan dan pelaporan di perbatasan oleh petugas kesehatan yang mendeteksi warga saat melintasi perbatasan.

Yang terpenting kata Wabup, warga Pohuwato yang melakukan perjalanan atau mereka yang berasal dari luar daerah terutama wilayah yang sudah masuk zona merah.

Hal ini kata Wabup, memastikan bahwa semua warga masyarakat yang berdomisili di Pohuwato maupun warga yang masuk dari daerah zona merah maupun warga Pohuwato yang ada di zona merah dan kembali ke Pohuwato.

“Tentu mereka yang melintas, dipastikan bisa terdeteksi ketika masuk, termasuk kondisi awal kesehatan mereka.” Kata Wabup dihadapan wartawan. (28/4)

Kemudian tujuannya ke desa mana sehingga nantinya data-data yang masuk dari perbatasan itu urai Wabup, akan di sebar ke semua puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah tempat dia atau alamat dari warga yang masuk.

Mereka akan menjadi warga yang akan di pantau selama kurang lebih 14 hari oleh petugas-petugas kesehatan yang ada di kecamatan untuk memastikan bahwa dalam jangka waktu 14 hari itu ketika mereka tidak ada gejala tentu tidak ada masalah tetapi ketika di dapatkan ada gejala, langsung diambil tindakan secara protokoler kesehatan untuk dapat menjaga atau mencegah penularan yang lebih meluas.

“Ketika ada gejala langsung ditangani oleh pihak kesehatan sesuai protokoler kesehatan, kalau toh sudah ada gejala dan ketika ditindaklanjuti lagi dengan scraning melalui rapid test yang ada di wilayah kecamatan untuk memastikan mereka negatif atau positif.” ungkap Wabup.

Dengan demikian kata Amin Haras, ketika sistim pendataan dan pelaporan itu tertata dengan bagus maka bisa terpantau dan terdeteksi oleh petugas kesehatan guna mencegah dan menekan penyebaran covid-19.

“Alhamdulillah, diperbatasan kita sudah menyatukan persepsi dan arah metode untuk melakukan pendataan dan pelaporan oleh Dinas Kesehatan dan dilaporkan secara berjenjang sesuai metode, mekanisme pelaporan oleh Dikes maupun gugus tugas kabupaten sampai ke pusat”,ucap Wabup Amin. (MG).

About Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PULIHKAN FUNGSI SUNGAI RANDANGAN, PEMDES TIRTO ASRI BERSURAT KE BPDAS GORONTALO.

Muhadjrin Towalu :”surat kami sudah di BPDAS-HL” Pewarta : Tim MG POHUWATO, (mediagorontalo.com) – Pemerintah ...

WABUP BERHARAP, PLH KADES BOTUBILOTAHU BISA BEKERJA OPTIMAL

Laporan : Tim JIP Editor : Wawan Isk POHUWATO, (mediagotontalo.com) Ramli Hipi ditunjuk sebagai Penjabat ...

Dr. SUPANDI BERPINDAH TUGAS, PLH KADINKES DI JABAT Dr SYAHRAWANTY.

Pewarta : JIP POHUWATO, (mediagorontalo.com) – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bumi Panua (RSUD BP) ...