GSI: Kinerja KPU dan Kepercayaan yang Terbelah

23-Feb-2013 07:01:44 WIB | POLITIK | 488 Views |

Ilustrasi

KOTA GORONTALO (23/2) -  Kinerja KPU Kota Gorontalo dalam menyikapi pesta demokrasi kali ini tampaknya terus saja diuji. Salah satu ujian yang yang menyita perhatian beberapa waktu terakhir ini terkait gugatan lolosnya salah satu pasangan calon kepala daerah karena dinilai oleh Panwas, LSM serta pasangan lain tidak layak karena dugaan ketidaklengkapan administrasi.


Atas kondisi inilah, hasil survey Gorontalo Survey Institute (GSI) merekam bahwa opini publik teerbelah menanggapi kinerja KPU Kota Gorontalo. Sikap netralistas komisioner KPU benar-benar diuji.


Ketua GSI Dr. Razak Umar mencatat, dari 500 orang responden yang diambil secara acak di Kota Gorontalo hampir separu responden atau 47 persen menyatakan ragu-ragu mengenai sikap netralitas KPU dalam menyelenggarakan Pilkada di Kota Gorontalo.


Polemik antara penyelenggara Pilkada (KPU vs Panwas) yang tersaji secara gambling oleh media dalam dua bulan terakhir ini telah menggoyahkan keyakinan publik terkait netralitas KPU Kota Gorontalo.


Kondisi ini tentu harapannya akan berkesudahan, sebab tak sedikit energi akan terkuras habis. Bukan berarti mengesampingkan proses hukum yang tengah bergulir apatah lagi menafikan sebuah kebenaran namun sepatutnya esensi pemilihan kepala daerah benar-benar bertumpu pada azas demokrasi sejati.


Harapannya, para penyelenggara pilkada dapat tetap menunjukan profesionalitasnya. Perbedaan pendapat antar penyelenggara pilkada memang wajar adanya karena inilah wujud sebuah demokratisasi, namun keberpihakan atas realitas kepentingan publik jauh lebih penting dan bermakna jika lahir dari dinamika kelembagaan penyelenggara pilkada yang penuh integritas dan solid. (**)

 



Editor: Habari Hulondhalo

COPYRIGHT � 2012



Komentar Pembaca
    Kirim Komentar

    My Ballot Box
    Tita Walikota ta Otohilamu?













    Bilohi Hasil Poling
    Exit Jangan Lupa Klik Like Ya
    Apakah Anda Merasa Puas Dengan Kontent-Konten mediagorontalo.com?
    Ya
    Tidak