'Dijepit' Prabowo-Rothschild, Saham Bakrie Keok

07-Nov-2012 09:47:36 WIB | NASIONAL | 455 Views |

Nat Rothschild-Prabowo Subianto-Aburizal Bakrie

JAKARTA - Nat Rothschild sudah memberikan proposal tandingan kepada Bumi Plc untuk mencegah Grup Bakrie mengambilalih PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU).

 



Tak tanggung-tanggung, Rothschild pun dikabarkan menggandeng beberapa pihak di Indonesia, salah satu yang ditemuinya adalah Prabowo Subianto. Prabowo adalah ketua umum Partai Gerinda, dia juga disebut-sebut sebagai salah satu kandidat presiden Indonesia. Selain itu, Prabowo merupakan mantan menantu dari Presiden Soeharto.

 


Lalu, bagaimana dampak aksi terbaru Rothschild tersebut ke saham-saham perusahaan milik Grup Bakrie di Indonesia? Sejak kabar ini berhembus, saham-saham Grup Bakrie mengalami tekanan.

 


1. PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Harga saham perusahaan batu bara andalan Grup Bakrie ini terpantau terus turun, yakni dari Rp670 (2 November) menjadi Rp650 (pada 6 November).

 

2. PT Bumi Resources Mineral Tbk (BRMS). Perusahaan yang memiliki saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) ini harga sahamnya terus melorot dari Rp390 (2 November) menjadi Rp380 (5 November) dan Rp375 (6 November).

 

3. PT Bakrieland Development Tbk (ELTY). Perusahaan properti Bakrie ini turun dari Rp60 (2 November) menjadi Rp59 (6 November).

4. PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP). Perusahaan perkebunan ini turun dari Rp117 (2 November) menjadi Rp116 (5 November) dan Rp114 (6 November).

 

5. PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL). Saham perusahaan telekomunikasi ini turun dari Rp58 (2 November) menjadi Rp56 (5 November) dan Rp55 (6 November).


Sementara itu, saham PT Bakrie & Brother Tbk (BNBR) terpantau stagnan di Rp50, begitu juga saham PT Dharma Henwa Tbk (DEWA) tetap di Rp50. Hanya saham PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) yang naik dari Rp510 (2 November) menjadi Rp550 (6 November).

 



Sebagai informasi, langkah terbaru Rothschild ini adalah sebagai bentuk perlawanan atas proposal yang diajukan Grup Bakrie ke Bumi Plc, perusahaan asal London, Inggris yang awalnya dijalankan bersama oleh Rothschild dan Bakrie.

 


Tak hanya itu, Rothschild juga disebut-sebut telah meminta perusahaan investasi kelas kakap, Morgan Stanley, sebagai pendamping dalam menghadapi persoalan bisnisnya dengan Grup Bakrie.

 

Sebelumnya, Grup Bakrie mengajukan proposal, yakni untuk melepas kepemilikan di Bumi PLC sebesar 23,8 persen untuk ditukar dengan 10 persen kepemilikan di Bumi Resources.

 


Pada proposal tahap kedua, Grup Bakrie akan membeli 18,9 persen sisa saham Bumi PLC di unit usaha Indonesia senilai USD278 juta atau setara Rp2,6 triliun (Rp9.600 per USD). Bakrie kemudian dapat mengendalikan 29 persen saham Bumi Resources dan tidak perlu berhubungan dengan Bumi PLC.

 

Dalam proposal tahap ketiga, Bakrie akan membeli aset tambang lain milik Bumi PLC, yakni 85 persen saham di PT Berau Coal Energy senilai USD950 juta (Rp9,1 triliun). (ID)

Sumber : okezone.com



Editor: Habari Hulondhalo

COPYRIGHT � 2012



Komentar Pembaca
    Kirim Komentar

    My Ballot Box
    Tita Walikota ta Otohilamu?













    Bilohi Hasil Poling
    Exit Jangan Lupa Klik Like Ya
    • Bom Waktu Nyaris Meledak di Poso

      25-Dec-2012 10:27:05

      Bom Waktu Nyaris Meledak di Poso

      SULAWESI TENGAH (25/12) - Sebuah bom aktif yang menggunakan pengatur waktu (timer) nyaris melukai aparat kepolisian di Kabupaten Poso Selasa pagi. Beruntung, 30 menit hitungan mundur sebelum meledak, bom tersebut berhas ...

    • Dugaan Ijazah Palsu “AD”, Panwas Selidiki Hingga Ke Kemendiknas

      22-Dec-2012 02:02:15

      Dugaan Ijazah Palsu “AD”, Panwas Selidiki Hingga Ke Kemendiknas

      JAKARTA (22/12) - Walau sudah mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo,  Polda Gorontalo  dan SD Negeri 2 Luwoo tempat  yang mana kabarnya Adhan Dambea “AD” pernah menuntut ilmu, rupany ...

    • MK Putuskan Bubarkan BP MIgas Negara Rugi Rp 1 Triliun per Hari

      15-Nov-2012 07:04:34

      MK Putuskan Bubarkan BP MIgas Negara Rugi Rp 1 Triliun per Hari

      Jakarta (Mediagorontalo.com) - Pembubaran Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi akan mengganggu produksi migas dan pendapatan negara d ...

    • Keluarga Obama usai kemenangan Pilpres AS

      07-Nov-2012 05:39:04

      Keluarga Obama usai kemenangan Pilpres AS

      NEW YORK - Taipan properti Amerika Serikat (AS) Donald Trump, tidak bisa terima dengan kemenangan Barack Obama dalam Pemilihan Presiden AS 2012. Trump bahkan meluapkan kemarahannya itu di situs sosial media. ...

    • Manajer Bank Mandiri Cabang DPR Diperiksa KPK

      06-Nov-2012 12:19:02

      Manajer Bank Mandiri Cabang DPR Diperiksa KPK

      JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil manajer Bank Mandiri Cabang Kompleks DPR, Dede Daradjat, terkait penyidikan kasus pengurusan anggaran pengadaan Alquran dan Laboratorium di Kementerian Agama. ...

    Apakah Anda Merasa Puas Dengan Kontent-Konten mediagorontalo.com?
    Ya
    Tidak