Peringatan Kelahiran Ju Panggola

04-Nov-2012 06:06:08 WIB | BUDAYA | 540 Views |

Mesjid Quba yang pada tanggal1 Muharam akan menjadi pusat perayaan kelahiran Ju Panggola

1 Muharam, peringatan dipusatkan di Mesjid Qubah

Gorontalo (4/11) - Bagi anda warga Gorontalo pasti sudah pernah mendengar nama Raja Ilato Ju  Panggola, salah satu penyebar agama islam di Gorontalo pada abad ke 16 Masehi atau tepatnya tahun 1500 masehi.


Mesjid Qubah yang terletak di Kelurahan Dembe, Kecamatan Kota Barat yang dipercaya oleh masyarakat gorontalo sebagai tempat peristrahatan terakhir Raja Ilato Ju  Panggola ini, akan dijadikan tempat atau pusat peringatan.


Hal ini diutarakan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim beberapa waktu lalu saat mengunjungi mesjid tertua di gorontalo tersebut. Menurutnya pada 1 Muharam yang jatuh pada tanggal 15 November mendatang, Pemerintah Provinsi Gorontalo berencana akan memperinagati kelahiran ulama gorontalo yang tersohor diabad ke 16 masehi tersebut.


Menurut sejarahnya, Ju Panggola sesungguhnya adalah gelar, yang artinya ”tokoh yang dituakan” orang gorontalo di zaman dulu selalu mengenal Ju Panggola sebagai kakek tua yang berjubah putih, yang panjangnya sampai ke lutut.

 

Selain ulama, ia dikenal sebagai pelindung rakyat, dan waliyullah. Pendek kata, Ju Panggola adalah tokoh kharismatik yang makamnya dikeramatkan dan sampai sekarang selalu diziarahi banyak orang apalagi menjelang bulan ramadhan.


 Sebagai penghormatan, makam Ju panggola Dibangun di balik Mihrab masjid Quba, sebuah masjid mungil di puncak sebuah bukit dengan panorama Danau Limboto yang indah di sekitarnya. (ID)



 

 



Editor: Habari Hulondhalo

COPYRIGHT � 2012



Komentar Pembaca
    Kirim Komentar

    My Ballot Box
    Tita Walikota ta Otohilamu?













    Bilohi Hasil Poling
    Exit Jangan Lupa Klik Like Ya
    • Kericuhan Warnai Perayaan Maulid Nabi

      24-Jan-2013 05:50:30

      Kericuhan Warnai Perayaan Maulid Nabi

      KOTA GORONTALO (24/1) - Perayaan maulid nabi muhamad salaulahi alaihi wasalam di Kota Gorontalo diwarnai kericuhan. Kericuhan ini diakibatkan sejumlah warga yang tidak sabar mengantri untuk berebut gunungan kue yang tel ...

    • Pembukaan PPIB dan Gema Sakinah Meriah

      30-Nov-2012 05:21:09

      Pembukaan PPIB dan Gema Sakinah Meriah

      Gorontalo (30/11) – Pembukaan Pemilihan Putra-Putri Islam Berprestasi (PPIB) dan Gema Sakinah tingkat nasional tahun 2012 berlangsung semalam (29/11) di Lapangan  Taruna Remaja Kota Gorontalo meriah. ...

    • Besok, PPIB dan Gema Sakinah 2012 di Gelar

      28-Nov-2012 10:14:16

      Besok, PPIB dan Gema Sakinah 2012 di Gelar

      Gorontalo (28/11) - Pemilihan Putra-Putri Islam Berprestasi (PPIB) dan Gema Sakinah tingkat Nasional tahun 2012 secera resmi akan berlangsung kamis 29 November 2012. Kegiatan yang dipusatkan di Kota Gorontalo ini akan d ...

    • Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola

      18-Nov-2012 11:56:25

      Wisata Religi Makam Keramat Ju Panggola

      A. Selayang Pandang Ju Panggola adalah sebuah gelar atau julukan. Ju dalam bahasa Gorontalo  berarti&nb ...

    • WISATA DANAU LIMBOTO GORONTALO

      18-Nov-2012 11:47:34

      WISATA DANAU LIMBOTO GORONTALO

      A. Selayang Pandang Danau Limboto merupakan danau besar yang terletak di Kabupaten Gorontalo. Danau dengan luas sekitar 3.000 hektar ini meru ...

    Apakah Anda Merasa Puas Dengan Kontent-Konten mediagorontalo.com?
    Ya
    Tidak