Dari Cerdas Cermat Kepemiluan

16-Oct-2012 07:01:39 WIB | KAB. GORONTALO UTARA | 786 Views |

Bupati, Indra Yasin, MH saat menyerahkan piala dan bonus kepada para pemanang pada lomba cerdas cermat kepemiluan tingkat SMA/SMK se – Gorontalo Utara yang berlangsung di SMAN 2 Kwandang, Jumat (12/10)

SMAN Atinggola Melaju ke tingkat Provinsi

 

Gorontalo Utara ( 16/10 )  – Pemahaman sistim demokrasi kepada masyarakat utamanya kepada para pemilih pemula saat ini sangat penting mengingat Bangsa Indonesia yang menganut sistim demokrasi setiap saat  menggelar pesta demokrasi baik pemilihan legislati, pemilihan presiden dan juga pemilihan kepala daerah baik ditingkat kabupaten/kota maupun ditingkat Provinsi.

 

Hal tersebut disampaikan Bupati, Indra Yasin, MH ketika menutup lomba cerdas cermat kepemiluan tingkat SMA/SMK se – Kabupaten Gorontalo Utara yang berlangsung di SMA 2 Kwandang, Jumat (12/10).

 

“Saya menyambut baik kegiatan ini,  karena dengan lomba ini selain mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dari guru  saat proses belajar mengajar dikelas juga siswa SMA/SMK yang mayoritas sudah memiliki hak pilih akan mengetahui tentang hakikat demokrasi yang dianut oleh negara ini”, tegas Bupati. 

 

Dikatakan, dengan lomba cerdas cermat ini banyak hal yang akan diperoleh baik itu pengetahuan dan pemahaman tentang pemilihan legislativ, tentang partai politik, pemilihan presiden secara langsug, pemilihan gubernur dan wakil gubernur secara langsung dan juga pemilihan bupati/walikota secara langsung. Dengan pemahaman yang dimiliki oleh kalangan siswa maka kata Bupati akan mendorong untuk melaksanakan hak suaranya sebagai warga negara dan mengurangi terjadinya Golput serta dapat meminimalisir terjadinya  sengketa-sengketa dan masalah akibat implementasi pelaksanaan demokrasi. Apalagi ditahun 2013 mendatang akan di gelar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Gorontalo Utara, pada tahun 2014 akan dilaksanakan pemilihan kegislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

 

“Pada pelaksanaan cerdas cermat yang saya lihat tadi para peserta sudah menunjukkan sikap demokrasi dimana kelompok yang dinyatakan kalah langsung mengakui kekalahannya dengan memberikan sufort kepada kelompok yang menang. Begitu juga yang dinyatakan sebagai pemenang juga terlihat biasa-biasa saja dan sistim inilah yang harus kita tiru dalam pelaksanaan demokrasi kedepan. Kalah dan menang adalah hal yang biasa dalam sebuah pertarungan termasuk pertarungan politik karena itu perlu ada kearifan dan jiwa kenegarawanan yang kokoh terhadap para pemimpin dalam mengikuti berbagai pertarungan politik baik pada pemilihan kepala desa, pemilihan bupati/walikota, pemilihan gubernur, pemilihan presidan dan pemilihan legislatif nanti”, tegas Bupati.

 

Selain itu juga bupati menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan cerdas cermat ini siswa akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang pemilihan langsung dan diharapkan menjadi corong dan pembantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam memberikan pemahaman demokrasi kepada masyarakat luas.

 

Sementara itu cerdas cermat sendiri yang dilaksanakan oleh KPU Gorontalo Utara menetapkan SMAN 1 Atinggola sebagai juara pertama dan nantinya akan mewakili Kabupaten Gorontalo Utara pada lomba cerdas cermat  kepemiluan tingkat Provinsi Gorontalo mendatang. SMAn Atinggola yang dinyatakan sebagai juara mendapatkan piala, bonus dari panitia dan juga bonus dari Bupati.

 

Sementara juara ke II diraih oleh SMA 1 Kwandang, juara III dirah SMA 3 Kwandang dan juara IV diraih SMA 4 Kwandang. Hadir dalam acara cerdas cermat, Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Rahmola bersama anggota KPU, KPU Provinsi Gorontalo, pimpinan SKPD dan sejumlah pendidik. ( AMF )




Editor: Habari Hulondhalo

COPYRIGHT � 2012



Komentar Pembaca
    Kirim Komentar

    My Ballot Box
    Tita Walikota ta Otohilamu?













    Bilohi Hasil Poling
    Exit Jangan Lupa Klik Like Ya
    • Bupati Gorut Larang ada Pungutan untuk Batuan Bibit Jagung

      15-Nov-2012 06:25:47

      Bupati Gorut Larang ada Pungutan untuk Batuan Bibit Jagung

      KAB GORONTALO UTARA (15/11) – Penyaluran bantuan kepada petani berupa bibit dan obat-obatan  diharapkan oleh Bupati, Indra Yasin, MH tidak terjadi pungutan atau potongan ...

    • Bupati Awali Pembangunan BUMDes Tolongio

      15-Nov-2012 06:13:01

      Bupati Awali Pembangunan BUMDes Tolongio

      KAB GORONTALO UTARA (14/11) – Guna mendorong  pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) secara profesional dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa, pad ...

    • Humas dituntut Berikan Informasi sesuai Fakta

      13-Nov-2012 06:18:02

      Humas dituntut Berikan Informasi sesuai Fakta

      KAB GORONTALO UTARA (12/10) – Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) mempunyai tugas yang strategis dalam keberhasilan roda pemerintahan terutama dalam memberikan informasi baik kepada ...

    • Ahmadinejad Kritik Pemilu AS

      11-Nov-2012 07:28:24

      Ahmadinejad Kritik Pemilu AS

      Denpasar (11/11) - Hanya sehari setelah Barack Obama terpilih kembali menjadi presiden AS untuk masa jabatan kedua, Ahmadinejad menjuluki pemilu AS sebagai "medan tempur para kapitalis". ...

    • "Indra Yasin Cup" Kembangkan Potensi Pemuda

      09-Nov-2012 10:33:34

      KAB GORONTALO UTARA (9/11) – Guna terselenggaranya pelaksanaan pembangunan disegala bidang, generasi muda memegang peranan penting. Karena itu Bupati, Indra Yasin, MH berharap agar pote ...

    Apakah Anda Merasa Puas Dengan Kontent-Konten mediagorontalo.com?
    Ya
    Tidak