Sawah Baru, Gorontalo Terbaik Se-Indonesia

30-Sep-2012 08:56:32 WIB | KAB. GORONTALO UTARA | 911 Views |

ilustrasi

Gorontalo Utara (30/9) - Kabupaten Gorontalo Utara merupakan daerah terbaik se-Indonesia, yang berhasil membuka ratusan hektare percetakan sawah baru.


“Program cetak sawah baru di daerah ini pada tahun anggaran 2011, mencapai 500 hektare, dan rata-rata memiliki produksi hasil mencapai 5-6 ton per hektare,” Ungkap Direktur Direktorat Jenderal (Dirjen) Perluasan Areal Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Tunggul Iman Panuju, Minggu.


Program yang dibiayai melalui dana APBN ini, dianggap mampu menghasilkan dan menambah produksi padi serta mampu meningkatkan pendapatan para petani .


“Secara fisik dapat dilihat jika program cetak sawah baru di daerah ini mampu menjadi terbaik kedua se-Indonesia,” Ujar Tunggul. Tentunya keberhasilan tersebut diakui pemerintah pusat sebagai keseriusan pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan, yang menyentuh seluruh sub sektor pertanian.


Khususnya pendampingan dari Dinas Pertanian, Penyuluh, dan petugas teknis pertanian di lapangan serta dukungan dan kesadaran para petani. Khusus di Kecamatan Tolinggula, panen padi sepanjang tahun 2012 ini, mampu mencapai produksi padi tujuh sampai sembilan ton per hektare dan sudah dua kali dicapai.


Olehnya pihak Kementan akan meningkatkan bantuannya dalam pembukaan areal percetakan sawah baru, dengan penerapan sistem irigasi teknis. Bupati Indra Yasin, mengatakan, pemerintah daerah akan komitmen melakukan pemberdayaan kelompok tani, serta menyiapkan bantuan sarana dan prasarana yang memadai.


“Fokus perhatian yang menjadi prioritas utama, adalah menciptakan kemandirian petani agar tidak terus bergantung pada bantuan pemerintah daerah. Namun mereka diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraannya secara berkesinambungan,” Ujar Bupati.


Olehnya penguatan wadah kelompok tani, dan sosialisasi para penyuluh dan instansi terkait lainnya akan semakin dioptimalkan. Rencananya pada tahun anggaran 2013 nanti kata bupati, pemerintah daerah akan mengalokasikan dana sebesar 10 persen pada APBD, guna pemberdayaan dan peningkatan di sektor pertanian. (?)

Sumber: bisnis-KTI.com



Editor: Habari Hulondhalo

COPYRIGHT � 2012



Komentar Pembaca
    Kirim Komentar

    My Ballot Box
    Tita Walikota ta Otohilamu?













    Bilohi Hasil Poling
    Exit Jangan Lupa Klik Like Ya
    • Bupati Gorut Larang ada Pungutan untuk Batuan Bibit Jagung

      15-Nov-2012 06:25:47

      Bupati Gorut Larang ada Pungutan untuk Batuan Bibit Jagung

      KAB GORONTALO UTARA (15/11) – Penyaluran bantuan kepada petani berupa bibit dan obat-obatan  diharapkan oleh Bupati, Indra Yasin, MH tidak terjadi pungutan atau potongan ...

    • Bupati Awali Pembangunan BUMDes Tolongio

      15-Nov-2012 06:13:01

      Bupati Awali Pembangunan BUMDes Tolongio

      KAB GORONTALO UTARA (14/11) – Guna mendorong  pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) secara profesional dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa, pad ...

    • Humas dituntut Berikan Informasi sesuai Fakta

      13-Nov-2012 06:18:02

      Humas dituntut Berikan Informasi sesuai Fakta

      KAB GORONTALO UTARA (12/10) – Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) mempunyai tugas yang strategis dalam keberhasilan roda pemerintahan terutama dalam memberikan informasi baik kepada ...

    • Ahmadinejad Kritik Pemilu AS

      11-Nov-2012 07:28:24

      Ahmadinejad Kritik Pemilu AS

      Denpasar (11/11) - Hanya sehari setelah Barack Obama terpilih kembali menjadi presiden AS untuk masa jabatan kedua, Ahmadinejad menjuluki pemilu AS sebagai "medan tempur para kapitalis". ...

    • "Indra Yasin Cup" Kembangkan Potensi Pemuda

      09-Nov-2012 10:33:34

      KAB GORONTALO UTARA (9/11) – Guna terselenggaranya pelaksanaan pembangunan disegala bidang, generasi muda memegang peranan penting. Karena itu Bupati, Indra Yasin, MH berharap agar pote ...

    Apakah Anda Merasa Puas Dengan Kontent-Konten mediagorontalo.com?
    Ya
    Tidak