Pemda Sukar Terima Data Penerima KUR

13-Sep-2012 05:22:51 WIB | EKONOMI | 1612 Views |

Gorontalo (13/9) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Gorontalo masih mengalami kesulitan dalam mendalami seluk-beluk para nasabah pengguna dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Muhazir Abdullah, anggota DPRD Kota Gorontalo, menuturkan, selama ini pihak pemerintah sulit mengakses para pengguna KUR, padahal di provinsi Gorontalo, pengguna dana KUR itu terbilang banyak.

"Kita perlu sekali datanya untuk mengukur sejauh mana usaha pengguna KUR," katanya di acara Sosialisasi Informasi Kredit di Bank Indonesia wilayah Gorontalo, Selasa (11/9)

Menurutnya, tranparansi data pengguna KUR itu untuk melakukan pembinaan dan pemantauan dari pihak pemerintah.

"Kalau belum berhasil dalam usahanya kita akan bantu bina, tapi kan butuh data lengkap nasabahnya dulu," ungkap Abdullah.

Menanggapi hal itu, Adi Purwanto, Manager Pengembangan Sistem Informasi Perbankan BI, menuturkan, mengenai data aktiva diperoblehkan untuk diketahui orang sedangkan data pasiwa tidak diperbolehkan.

"Data aktiva itu mengenai simpanan debitur. Kalau data pasiva itu data tentang berapa pinjaman yang diajukan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, tertutupnya data nasbah KUR itu adalah bagian hak asasi debitur, yang sifatnya sangat rahasia sebagai pelindung keamanannya.

"Privasinya dijaga. Saya rasa itu sudah haknya debitur untuk menolaknya," kata Adi.

Ditambahkan, Pemimpin BI Gorontalo, Wahyu Purnama, mengungkapkan, pengguna dana KUR di provinsi Gorontalo banyak tetapi juga diimbangi dengan ekses negatif. "Kredit macetnya sangat tinggi. Membuat resiko bank-bank," keluhnya.

Ia menilai, kredit macet KUR yang tinggi akibat dari kurang pahamnya masyarakat akan posisi dana KUR. Sebab masih banyak yang menganggap, dana KUR itu adalah dana hadiah, pemberian secara cuma-cuma tanpa harus mengembalikannya. "Pengertian yang salah kalau KUR itu hibah. Ini membuat Bank bisa jebol. Sekarang Bank harus lebih ketat selektif mengucurkan KUR ke masyarakat, biar tidak terjadi kredit macet," tegas Wahyu. (*) 

sumber: www.tribungorontalo.com

 



Editor: Habari Hulondhalo

COPYRIGHT � 2012



Komentar Pembaca
    Kirim Komentar

    My Ballot Box
    Tita Walikota ta Otohilamu?













    Bilohi Hasil Poling
    Exit Jangan Lupa Klik Like Ya
    • GSI: Kinerja KPU dan Kepercayaan yang Terbelah

      23-Feb-2013 07:01:44

      GSI: Kinerja KPU dan Kepercayaan yang Terbelah

      KOTA GORONTALO (23/2) -  Kinerja KPU Kota Gorontalo dalam menyikapi pesta demokrasi kali ini tampaknya terus saja diuji. Salah satu ujian yang yang menyita perhatian beberapa waktu terakhir ini terkait gugatan lolo ...

    • KPUD Kota Gorontalo Tetapkan DPT Pilwako 137.779 jiwa

      16-Feb-2013 05:31:41

      KPUD Kota Gorontalo Tetapkan DPT Pilwako 137.779 jiwa

      KOTA GORONTALO (16/2) - Rapat pleno penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap  (DPT) pemilihan walikota dan wakil walikota gorontalo jumat sore (15/2) akhirnya ditetapkan oleh KPUD Kota Gorontalo.   Rapat pleno yang juga dihadiri anggota PPK, Panwas da ...

    • Adhan Dambea tuding David - Tony turut menjanggalnya di Pilwako

      13-Feb-2013 06:12:36

      Adhan Dambea tuding David - Tony turut menjanggalnya di Pilwako

      KOTA GORONTALO (13/2)  - Calon walikota incamben Adhan Dambea menuding Bupati Kabupaten Gorontalo David Bobohoe dan Wakilnya Toni Yunus juga turut serta mencoba untuk menggagalkannya sebag ...

    • Pasangan DA’I Lolos, Panwas Gugat KPUD Kota Gorontalo Ke DKPP-Ri

      21-Jan-2013 05:56:19

      Pasangan DA’I Lolos, Panwas Gugat KPUD Kota Gorontalo Ke DKPP-Ri

      KOTA GORONTALO (21/1) - Polemik diloloskannya Adhan Dambea dan Indrawanto Hasan (DA’I) sebagai calon walikota dan wakil walikota oleh KPUD Kota Gorontalo rupanya berbuntut panjang. ...

    • Ribuan Pegawai Honorer Datangi Rudis Gubernur

      03-Jan-2013 05:54:21

      Ribuan Pegawai Honorer Datangi Rudis Gubernur

      KOTA GORONTALO (3/1) -  Selasa pagi, ribuan pegawai honorer di lingkungan pemda kota gorontalo mendatangi rumah dinas gubernur gorontalo, aksi para honorer ini setelah walikota adhan dambea mengumumkan jika 1700 pe ...

    Apakah Anda Merasa Puas Dengan Kontent-Konten mediagorontalo.com?
    Ya
    Tidak