Hatta: RI Jadi Negara Maju di 2025

05-Aug-2012 01:26:35 WIB | NASIONAL | 516 Views |

Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa berjanji terus mendorong perkembangan ekonomi kerakyatan. Hal tersebut dilakukan melalui pengembangan wirausaha muda.

Ketua Umum PAN ini optimistis RI bisa masuk dalam jajaran negara maju di 2025.

"Kita ingin mengembangkan perekonomian masyarakat kecil sehingga mereka bisa mendapatkan penghidupan yang meningkat yang pada akhirnya akan mengurangi kemiskinan," tegas Hatta dalam siaran persnya disela kunjungannya di Desa Jatimulyo, Lampung Selatan.

Hatta menjelaskan, pihaknya mewaspadai lesunya perekonomian dunia yang saat ini terjadi. Indonesia harus membangkitkan perekonomian bangsa dengan memanfaatkan pasar domestik dan meningkatkan industri kecil dan menengah. Untuk itu membangkitkan semangat entrepreneur generasi muda hingga ke pedesaan adalah salah satu strategi pemerintah dan PAN untuk menyokong perekonomian bangsa.

"Semangat berwirausaha generasi muda Islam harus terus dikembangkan, agar generasi tersebut mampu turut serta dalam program pemerintah Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Melalui program itu, ditargetkan Indonesia akan menjadi negara maju pada tahun 2025 mendatang," ujarnya.

Hatta menambahkan melalui program MP3EI diharapkan Indonesia pada 2014 mendatang menjadi bagian dari 12 negara dengan perekenomian terbesar di dunia. Karenanya, penguatan karakter, pemotivasian serta memperluas jaringan antar negara Asean di generasi muda harus dimulai dan dikembangkan dari sekarang.

"Menyambut Asean Community 2015 dimana penguatan dan perluasan kerjasama antar negara Asean di bidang ekonomi akan menjadikan pengusaha Indonesia dapat berjualan langsung ke negara-negara Asean tanpa melalui ijin. Untuk itu, bila wirausahawan Indonesia tidak memiliki produk yang bersaing, maka hanya akan menjadi penonton, hal tersebut tentunya tidak kita harapkan," katanya.

Indonesia, tambahnya, saat ini hanya memiliki entrepreneur sebanyak 1,57 persen, jumlah tersebut sangat minim bila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ada.

Pengembangan program akademik berbasis ekonomi harus lebih diperluas guna meningkatkan entrepreneur baru berbasis tekhonogi. Hatta mengatakan melalui MAPAN alias maju bersama PAN pihaknya terus mendorong menumbuhkembangkan program wirausaha muda .

"Selain itu UMKM juga harus lebih dikembangkan, karena dari sektor itu, Pendapatan Belanja Daerah (PBD) mencapai Rp. 3.840 triliun dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 200 juta. Potensi yang sangat luar biasa, diharapkan pemerintah daerah terus memajukan dan mendorong UMKM di daerahnya masing-masing," katanya.

Sumber : www.detik.com



Editor: Habari Hulondhalo

COPYRIGHT � 2012



Komentar Pembaca
    Kirim Komentar

    My Ballot Box
    Tita Walikota ta Otohilamu?













    Bilohi Hasil Poling
    Exit Jangan Lupa Klik Like Ya
    • Bom Waktu Nyaris Meledak di Poso

      25-Dec-2012 10:27:05

      Bom Waktu Nyaris Meledak di Poso

      SULAWESI TENGAH (25/12) - Sebuah bom aktif yang menggunakan pengatur waktu (timer) nyaris melukai aparat kepolisian di Kabupaten Poso Selasa pagi. Beruntung, 30 menit hitungan mundur sebelum meledak, bom tersebut berhas ...

    • Dugaan Ijazah Palsu “AD”, Panwas Selidiki Hingga Ke Kemendiknas

      22-Dec-2012 02:02:15

      Dugaan Ijazah Palsu “AD”, Panwas Selidiki Hingga Ke Kemendiknas

      JAKARTA (22/12) - Walau sudah mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo,  Polda Gorontalo  dan SD Negeri 2 Luwoo tempat  yang mana kabarnya Adhan Dambea “AD” pernah menuntut ilmu, rupany ...

    • MK Putuskan Bubarkan BP MIgas Negara Rugi Rp 1 Triliun per Hari

      15-Nov-2012 07:04:34

      MK Putuskan Bubarkan BP MIgas Negara Rugi Rp 1 Triliun per Hari

      Jakarta (Mediagorontalo.com) - Pembubaran Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi akan mengganggu produksi migas dan pendapatan negara d ...

    • Keluarga Obama usai kemenangan Pilpres AS

      07-Nov-2012 05:39:04

      Keluarga Obama usai kemenangan Pilpres AS

      NEW YORK - Taipan properti Amerika Serikat (AS) Donald Trump, tidak bisa terima dengan kemenangan Barack Obama dalam Pemilihan Presiden AS 2012. Trump bahkan meluapkan kemarahannya itu di situs sosial media. ...

    • 'Dijepit' Prabowo-Rothschild, Saham Bakrie Keok

      07-Nov-2012 09:47:36

       'Dijepit' Prabowo-Rothschild, Saham Bakrie Keok

      JAKARTA - Nat Rothschild sudah memberikan proposal tandingan kepada Bumi Plc untuk mencegah Grup Bakrie mengambilalih PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU). ...

    Apakah Anda Merasa Puas Dengan Kontent-Konten mediagorontalo.com?
    Ya
    Tidak