Berita Terpopuler

DARI SILATURRAHMI FORKOPIMDA BERSAMA BEM


Kapolda : Dari 34 Provinsi, Gorontalo Merupakan Provinsi Teraman dan kondusif

GORONTALO. (mediagorontalo.com) – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Presiden BEM se Provinsi Gorontalo mempertanyakan anggaran beasiswa pemprov yang direalokasi untuk penanganan covid-19 serta langkah Polda Gorontalo dalam menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif.

Hal itu mengemuka pada Silaturahim Forkopimda dengan Presiden BEM yang berlangsung di Domestique Cafe, Sabtu (4/7/2020).

Turut hadir Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Adnas, M.Si, Danrem, Kabinda dan Kajati Gorontalo..

“Ini bukan hendak meminta-minta beasiswa, tetapi di tengah pandemi covid-19 banyak orang tua mahasiswa yang merasakan susah, maka dari itu kami kecewa dengan Gubernur Gorontalo karena beasiswa digeser untuk pandemi covid-19,” ucap Presiden BEM UG, Mohamad Akbar Iyou.

Menurutnya, aksi yang sempat viral beberapa bulan lalu sebagai bentuk kekecewaan mahasiswa akibat dari direalokasinya anggaran beasiswa untuk penanganan covid-19.

Mahasiswa calon penerima beasiswa beramai-ramai mengganti foto profil akun medsos dengan tagar Kami Kecewa dengan Gubernur Gorontalo.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Rusli menjelaskan secara blak-balakan dan menurutnya, pergeseran anggaran diawal pandemi covid-19 merupakan sebuah keharusan.

Pemerintah pusat sudah menginstruksikan agar setiap daerah memfokuskan anggaran untuk tiga hal penting yakni sektor kesehatan, Jaring Pengamanan Sosial dan pemulihan ekonomi.

“Namanya pertanian, PU, infrastruktur itu dipotong semua.Ujar Gubernur.

Kalau kami tidak realokasi, langsung dipotong kurang lebih Rp300 miliar anggarannya. Untuk penanganan covid-19 bukan hanya provinsi, tapi juga kabupaten dan kota.

“Anggaran pemerintah pusat 650 triliun direalokasi untuk covid-19,” beber Rusli.

Mantan Bupati Gorontalo Utara itu menambahkan, alokasi untuk beasiswa tidak semuanya direalokasi. Ada beasiswa yang sifatnya prioritas yakni untuk beasiswa dokter umum dan dokter spesialis yang memang ilmu dan tenaganya sangag dibutuhkan daerah.

“Sekarang kita lebih selektif. Bukan saya mengabaikan ilmu yang lain tidak, tapi Gorontalo butuh dokter baik umum dan spesialis.

“Kita butuh orang Gorontalo dokter yang sampai mati pun dia berkarya untuk Gorontalo.,” tegasnya.

Ia berharap mahasiswa memahami kondisi daerah secara utuh. Jika ada hal yang ingin disampaikan, Rusli membuka diri.

Bahkan nomor HP pribadinya diumumkan di semua media sebagai tempat untuk mengadu, bertanya atau menyampaikan kiritik.

Terkait situasi Kamtibmas di Provinsi Gorontalo. Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. M. Adnas, M.Si menyampaikan bahwa dalam menyikapi keadaan masyarakat sekarang ini Polri tetap mengedepankan upaya persuasif, humanis dan berempati kepada masyarakat.

Kapolda juga mengatakan, mengelola keamanan di suatu provinsi pasti tentu banyak dinamikanya dan upaya2 yang dilakukan. Semenjak menjadi kapolda tentu bnyak hal yang sudah kami lakukan dalam
mengkaji dan mengevaluasi sumber kriminalisasi. Dimana kita ketahui bersama kriminalitas ini terjadi berawal dari Miras cap tikus. oleh sebab itu kami sudah melakukan tindakan kepada oknum atau bandar serta pemusnahan miras sebanyak 36 ton yang dilakukan pada bulan juni kemarin.

“Menyikapi penyebaran Covid19, Polda Gorontalo juga berinovasi dengan merubah cap tikus menjadi Handsanitizer yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat,” terang Adnas kepada mahasiswa.

Selain itu, semenjak menjadi Kapolda di Provinsi Gorontalo, Adnas berharap agar keamanan dan ketertiban masyarakat tetap aman dan kondusif. dimana saat ini Polda Gorontalo merupakan polda yang paling kondusif dimana angka kriminalitas yang sangat rendah diantara 34 polda lainnya. (MG)

About Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

32 TAHUN MENGABDI, AKABRI 88 GELAR BAKSOS

GORONTALO, (mediagorontalo.com) – Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1988 yang tergabung dalam Paguyuban ...

MOLANIHU MILIKI WISATA ALAM.AIR TERJUN

Laporan : Zul Liputo Editor : Muzamil Hasan BONGOMEME, (mediagorontalo.com) – Desa Molanihu Kecamatan Bongomeme ...

KAPOLDA GORONTALO TINJAU LOKASI PEMBANGUNAN ASPOL

KOTA GORONTALO, (mediagorontalo.com) – Kapolda Gorontalo tinjau lokasi pembangunan Asrama Polisi (Aspol) yang terletak di ...