Berita Terpopuler

2020, PEMDES PANGEA OPTIMALKAN USAHA BUMDES

Laporan : Kasim Ishak
Editor : Muzamil Hasan

Daud Adam : “Saya fokuskan pada peningkatan ekonomi masyarakat.”

BOALEMO, (mediagorontalo.com) – Upaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, pemerintah desa (pemdes) Pangea Kecamatan Wonosari mengoptimalkannya melalui Bumdes.

Kepala Desa Pangea Daud Adam ketika berbincang dengan awak media ini, Selasa (6/1) mengatakan, fokus dana Bumdes diarahkan pada bantuan modal untuk petani.

Alasannya kata Daud Adam, selama ini masyarakatnya terjerat hutang pada rentenir.

Sehingga tambahnya, baru star menanam saja, masyarakat sudah berhutang dan anehnya lagi, selain pinjaman berbunga, hasil panennyapun harusvdijual ketengkulak dengan harga yang mencekik leher masyarakatnya.

“Saya mau masyarakat saya keluar dari himpitan hutang dari para tengkulak.” Terang alumni UNG ini.

Akhirnya kata Daud Adam, dana Bumdes untuk 2020 lebih berfokus pada pinjaman modal usaha tani dengan tidak mematok bunganya.

“Pinjaman satu juta misalnya, pengembaliannya tetap, tapi hasil buminya harus masuk ke Bumdes dengan harga disesuaikan pasar.” Terangnya.

Selain bantuan modal, usaha Bumdes lainnya adalah membangun depot air minum di desa dengan pertimbangan wilayahnya belum mempunyai usaha seperti itu.

” Saya sudah anggarkan, dan lokasinyapun sudah disiapkan.” Tegas kades muda inovatif tersebut.

Diapun memberi suport, agar pengurus Bumdes lebih optimal dalam mengurus usaha yang sudah jalan, sehingga akab memberi dampak juga pada honor pengurus Bumdes dan terpenting, peningkatan taraf hidup masyarakatnya. (MG)

About Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

TOKMAS DESA TENILO DESAK KADES HAMZAH MUDA DI AKTIFKAN

Pewarta: Rahman Ismail Editor : Muzamil Hasan BOALEMO, (mediagorontalo.com) – Masyarakat Desa Tenilo Kecamatan Paguyaman ...

JUDI DOMINO, KEMBALI POLRES BOALEMO AMANKAN 4 WARGA

BOALEMO, (mediagorontalo.com) – Polres Boalemo kembali menunjukan keseriusannya dalam memberantas perjudian diwilayah tersebut. Bukktinya, Jumat ...

RESES MASA PERSIDANGAN KEDUA, HARI INI WAHYU MORIDU DI PENTADU BARAT

Laporan : Rahman Ismail Editor : Muzamil Hasan BOALEMO, (mediagorontalo.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ...